src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> 6 Manfaat Teknologi Drone Dalam Membantu Sektor Pertanian - teachertekno.com

6 Manfaat Teknologi Drone Dalam Membantu Sektor Pertanian

Manfaat Drone Untuk Pertanian - Kemajuan dan perkembangan bidang teknologi pada zaman revolusi industri 4.0 seperti saat ini tengah bertumbuh dengan sangat cepat. Beragam inovasi dan pengembangan dalam sektor pertanian sangatlah banyak serta bermacam jenisnya, dimulai dari inovasi tentang bibit, benih, teknik pertanian buat meningkatkan efektivitas produksi pertanian, teknologi (alat serta mesin) inovasi pertanian buat memudahkan proses sampai kemudahan dalam permodalan oleh fintech. 


Pada artikel ini saya akan membahas tentang manfaat drone di sektor pertanian. Drone ialah pesawat tanpa awak yang dikemudikan buat menganalisa sesuai maksud dan tujuan tertentu yang diinginkan oleh pengguna. 

Drone sendiri dapat dikategorikan sebagai teknologi yang terbilang sangat inovatif sebab mengandalkan IoT (Internet of Things) dan juga AI (Artificial Intelligent) yang dikenal sebagai bentuk kecerdasan buatan manusia. Kapabilitas drone buat menganalisa dianggap cukup tepat, akurat dan hasil yang didapat juga sangat cepat.

Teknologi drone pada zaman ini berkembang dengan sangat pesat Dahulu, penggunaan drone cuma dilakukan secara terbatas, seperti halnya dalam bidang militer saja. Akan tetapi revolusi industri saat ini telah jauh berbeda. Drone telah berubah menjadi produk teknologi yang dapat digunakan oleh siapapun, tidak terkecuali oleh para petani modern. 

Hadirnya teknologi drone dalam bidang pertanian dapat mendatangkan banyak fungsi dan manfaat. Teknologi ini dapat memberi solusi revolusioner dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas panen. Adanya drone dapat membuktikan jika kehadiran teknologi bukan untuk ditakuti, sksn tetapi untuk dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan manusia.

Satu diantara perusahaan yang sudah merasakan manfaat teknologi drone di bidang pertanian ialah perusahaan asal Prancis bernama Ocealia. Perusahaan ini sudah menggunakan drone buat pengelolaan area perkebunan yang  dimulai sejak tahun 2015. Hasilnya terbilang cukup positif, ada peningkatan hasil panen rata-rata sebesar 10 %.

Jika di atas kita membahas tentang drone secara umum, di bawah ini saya akan menginformasikan manfaat drone di sektor pertanian.

6 Manfaat Teknologi Drone  

Terdapat beberapa panduan tentang cara penggunaan drone di bidang pertanian yang dapat Anda coba, salah satunya ialah seperti berikut : 

1. Analisis Kesiapan Kebun 
Drone tentunya dapat membantu anda dalam mengerjakan persiapan sebelum musim tanam. Anda dapat memanfaatkan perangkat ini buat mengetahui situasi kebun secara lebih detail dan menyeluruh. Drone mempunyai kapabilitas dalam melaksanakan pemetaan keadaan kebun secara 3 dimensi. Setelah itu, Anda dapat memakai data tersebut buat analisis keadaan lahan. Hasil analisis dapat Anda gunakan guna menentukan pola penanaman bibit yang optimal. 

2. Membantu Proses Penanaman 
Adanya drone dapat juga Anda gunakan buat mengerjakan penanaman bibit. Teknik penanaman bibit menggunakan drone tentunya dapat menjadikan proses penanaman berjalan lebih cepat. Drone tidak sekedar memiliki kemampuan buat menembakkan bibit ke permukaan tanah, namun juga pemupukan. Di waktu yang sama, keberadaannya bermanfaat buat mengurangi biaya penanaman mencapai 85 %. 

3. Membantu Penyemprotan Tanaman 
Anda juga dapat menggunakan drone buat kegiatan penyemprotan tanaman di kebun. Drone terbaru mempunyai bermacam fitur yang memungkinkan dalam membantu kegiatan penyemprotan, sehingga kegiatan penyemprotan dapat dilaksanakan lebih efisien dan juga optimal. 

Anda tentunya dapat melihat drone untuk  sektor pertanian yang disertai dengan kemampuan mengeluarkan suara ultrasonik atau laser yang bermanfaat dalam mengetahui struktur situasi lahan. 

Fitur ini memungkinkan drone bisa melaksanakan penyemprotan secara lancar tanpa ada tabrakan. Tidak hanya itu, fitur tersebut dapat pula digunakan dalam melaksanakan pemindaian permukaan tanah. Setelah itu, hasil pemindaian dapat dijadikan data awal buat memastikan jumlah cairan yang perlu disemprotkan. Semuanya dapat Anda kerjakan secara real-time dengan dan tentunya dengan jangkauan yang luas. 

4. Menilai Kesehatan Tanaman
Melaksanakan penilaian tentang keadaan tanaman menjadi pekerjaan berat buat banyak petani. Ditambah lagi saat lahan yang dimiliki amat sangat luas. Akan tetapi, persoalan ini dapat diselesaikan dengan efisien dengan adanya drone. Ditambah lagi, proses penilaian dapat dikerjakan dengan singkat dan juga tenaga yang lebih sedikit karena dibantu dengan drone.

Penilaian kesehatan tanaman memakai drone bisa dikerjakan secara efisien dan efektif dengan menggunakan fitur kamera dan juga kamera infra merah. Dengan adanya dua tipe kamera pada drone, memungkinkan Anda dapat melihat ada atau tidaknya jamur serta bakteri pada tanaman. Tentunya dengan cara ini, Anda bisa mengetahui persoalan jauh lebih cepat dan juga dapat segera menanganinya.

5. Pengendalian Hama
Hama menjadi satu diantara faktor pengganggu tingkat keberhasilan panen. Seperti pada metode identifikasi kesehatan tanaman di satu area, NDVI dapat digunakan buat mengetahui kehadiran hama dan juga bisa lekas diatasi sebelum daerah serangannya semakin meluas.

6. Menjadi Sensor Irigasi/Pengairan
Drone yang dilengkapi dengan sensor thermal, hyperspectral, atau multispectral, dapat Anda gunakan buat melihat kualitas tanah. Sensor itu dapat memperlihatkan area yang kering dan juga perlu peningkatan. Anda juga dapat menggunakan data tersebut dalam meningkatkan sistem atau metode pengairan lahan.  


Itulah informasi tentang 6 Manfaat Teknologi Drone Dalam Membantu Sektor Pertanian yang dapat saya informasikan untuk sahabat sekalian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para sahabat sekalian.

Terima kasih

0 Response to "6 Manfaat Teknologi Drone Dalam Membantu Sektor Pertanian "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel