Teknologi Hijau Di Era Globalisasi Yang Bisa Diterapkan Di Indonesia

Teknologi Hijau - Teknologi serta lingkungan adalah dua hal penting dalam kegiatan manusia. Pada masa globalisasi ini, kedua hal itu menjadi perhatian penting dan juga perbincangan masyarakat dunia sebab saling berkaitan serta berperan dalam menentukan kelangsungan hidup manusia. Disadari atau tidak, kita seringkali meremehkan permasalahan lingkungan. Masalah lingkungan akibat proses teknologi telah berubah menjadi permasalahan yang mendunia. Fakta memang telah menunjukkan jika persoalan lingkungan makin lama makin bertambah buruk.


Oleh karenanya, harus dicari teknik buat mengatasinya, diantaranya dengan cara mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan. Teknologi Hijau salah satu jawaban untuk persoalan ini. Teknologi hijau yang terus didiskusikan saat ini ialah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Indonesia salah satu negara yang mempunyai tenaga surya yang berlimpah. 

Teknologi hijau di jaman globalisasi ialah teknologi yang bermanfaat buat banyak umat manusia serta teknologi tersebut semestinya: Pertama, ramah lingkungan, contohnya minim polusi atau bahkan tidak menghasilkan polusi sama sekali. Kedua, miliki sifat sustainable atau berkesinambungan sehinggap penggunaan teknologinya bisa dirasakan dalam jangka waktu yang lama, serta Ketiga tknologi dapat diaplikasikan (applied).

Panel surya sendiri dikategorikan ramah lingkungan serta tidak memberi kontribusi pada perubahan iklim seperti pada masalah pemanfaatan bahan bakar fosil , sebab panel surya tidak memancarkan gas rumah kaca yang membahayakan seperti karbon dioksida. Panel surya menggunakan energi matahari dan juga matahari ialah bentuk energi paling banyak yang tersedia di bumi . Panel surya sendiri sanagat gampang dipasang dan juga memiliki biaya perawatan yang cukup rendah sebab tidak ada bagian yang bergerak. 

Dengan kondisi geografis di Indonesia yang tiap tahun mendapatkan cahaya matahari, satu diantara alat yang optimal di Indonesia ialah “Panel Surya”. Panel surya sendiri bekerja dengan mengubah energi cahaya matahari berubah menjadi energi listrik. Panel Surya ialah alat yang terdiri dari sel surya, aki dan juga baterai yang mengubah cahaya menjadi energi listrik. Panel surya menghasilkan arus listrik searah atau DC. Untuk penggunaan berbagai macam alat rumah tangga yang berarus bolak-balik atau AC diperlukan converter yakni alat pengubah arus DC ke AC.

Cara kerja Panel Surya 
Sel-sel surya disebut dengan sel photovoltaic (PV), yang seperti namanya (photo bermakna "cahaya" serta volta yang bermakna "listrik"), Sel surya mengkonversi cahaya matahari langsung menjadi listrik. Modul yang terbagi dalam sekumpulan sel yang tersambung secara elektrik serta dikemas ke bingkai yang lebih dikenal dengan nama panel surya, yang selanjutnya bisa disusun ke dalam barisan panel surya yang ukurannya lebih besar.

Panel surya masih relatif mahal, bahkan walaupun sudah banyak mengalami penurunan harga. Harga panel rumah sedang saat ini dikisaran IDR27.500/wp (watt peak). Panel surya masih butuh ditingkatkan efisiensinya dengan signifikan sebab masih banyak cahaya matahari terbuang percuma dan juga berubah menjadi panas. Rata-rata panel surya saat ini mencapai tingkat efisiensi dengan nilai kurang dari 20%. Apabila tidak terpasang secara baik bisa terjadi over-heating pada panel surya. 

Keuntungan memakai listrik dengan solar panel 
  1. Mengurangi biaya listrik jangka panjang 
  2. Kurangi ketergantungan pada listrik dari batubara yang menimbulkan polusi
  3. Lebih ramah lingkungan

Komponen-komponen satu sistem tenaga surya silikon terdiri dari : 
  1. Sel Surya 
  2. Kontroler Pengisian Aki (Charge Controller) 
  3. Aki 
  4. Alat Pengubah Arus DC ke Arus AC (Inverter) 
  5. Kabel-kabel
Itulah informasi tentang Teknlogi Hijau Di Era Globalisasi yang dapat disampaikan pada artikel ini. Semoga bermanfaat bagi sahabat sekalian.

Terima kasih

0 Response to "Teknologi Hijau Di Era Globalisasi Yang Bisa Diterapkan Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel