3 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Mouse dan Keyboard Tidak Berfungsi


Memang, tidak seperti perangkat ponsel atau laptop. Dimana, dapat dipergunakan dalam waktu kapanpun dan di tempat seperti apapun, dengan syarat perangkat telah terisi penuh. Jika seorang yang sedang menggunakan komputer. Mereka tidak terlalu dibebaskan untuk dapat memainkan perangkat tersebut sesuai dengan kehendak pengguna.


Perangkat yang Mesti Dipersiapkan Ketika Hendak Menggunakan Komputer
Tidak hanya itu. Jika seseorang ingin menggunakan perangkat komputer. Entah itu untuk bermain game dengan genre yang bermacam – macam. Ataupun hanya sekedar mengerjakan suatu tugas dari kantor hingga sekolah. Mereka mesti menyiapkan beberapa perangkat agar komputer dapat dipergunakan secara sempurna. Berikut adalah daftar perangkatnya :

1. Central Processing Unit
CPU adalah perangkat paling penting pertama yang mesti dipersiapkan agar komputer bisa berjalan dengan lancar. Alasannya adalah di perangkat ini mempunyai fungsi sebagai penerima dan pelaksana tugas yang diberikan oleh perangkat lunak. Sehingga, apabila sebuah komputer tidak terpasang dengan CPU. Maka, komputer itu secara mutlak tidak akan bisa dipakai oleh pengguna.

2. Mouse dan Komputer
Selain Central Processing Unit. Perangkat yang mesti dipersiapkan oleh pemain ketika hendak bermain komputer yaitu mouse dan keyboard. Terdapat suatu alasan megnapa kedua alat ini sangat penting. Alasan tersebut adalah kedua perangkat ini memiliki fungsi sebagai alat pemerintah suatu hal kepada CPU. Tidak hanya itu, perangkat ini dipakai untuk mempermudah berbagai pekerjaan.; Seeprti desain sesuatu, bermain game dan lain sebagainya.

3. Monitor
Perangkat terakhir yang mesti pengguna persiapkan adalah monitor. Setidaknya, ada beberapa sebab yang membuat mereka harus mempersiapkan ini. Namun, alasan paling utama adalah monitor mempunyai fungsi sebagai alat yang menampilkan suatu perintah dari perangkat lunak. Selanjutnya, fungsi lain dari monitor adalah sebagai alat output dari memori yang tersimpan pada komputer.

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Mouse dan Keyboard TIdak Berfungsi
Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf di atas. Mouse dan keyboard adalah salah satu perangkat yang mesti dipersiapkan oleh seorang pengguna. Terutama untuk menjalankan suatu sistem yang diberikan oleh komputer. Penyebabnya yakini kedua perangkat ini berfungsi sebagai alat yang memudahkan seseorang dalam menjalani atau menuntaskan suatu tugas.

Namun terkadang, kedua perangkat ini tiba – tiba tidak bisa menjalankan segala fungsinya. Sehingga, apabila hal tersebut terjadi. Anda dapat menjalankan beberapa perkara berikut agar perangkat mampu berjalan sesuai tugasnya. Berikut adalah daftarnya :

1. Cek Hardware
Hal pertama jika mouse atua keyboard tidak dapat digunakan adalah mengecek perangkat tersebut. Apakah kedua perangkat ini punya kerusakan atau tidak ?. Untuk memeriksanya, pengguna bisa melihat dair kabel keyboard atau mouse. Selain itu, cek beberapa huruf atau ikon di kedua hardware ini. Apakh ketika mengetik atau mengklik suatu hal, huruf atau perintah di layar dapat berjalan atau tidak ?.

2. Cek Virus Malware
Malware adalah salah saut virus yang dapat merusak fungsi sebuah komputer. Salah satunya fungsi untuk mendeteksi dan menjalankan keyboard atau mouse di Windows 10. Akibatnya, perangakt mesti diperiksa terlebih dahulu. Apakah ada sebuah virus atau tidak ?. Untuk mengeceknya, pengguna bisa melakukan beberapa hal berikut ini. Berikut daftarnya :

- Klik Start Menu à Klik Pengaturan
- Klik Update&Security àWindows SecurityàVirus Threat Protection
- Klik Scan Option di tombol Scan Fast
- Pada kolom Scan Option, pilih opsi Windows Defender Offline Scan. Lalu, klik Scan Now untuk memulainya
- Dalam beberapa menit ke depan. Windows akan mengirimkan sebuah informasi kepada perangkat tentang hal itu.

3. Re-Install Perangkat
Setelah dirasa kedua metode di atas tidak mampu menyelesaikan masalah ini. Maka pengguna mesti menginstal ulang kedua perangkat yang mereka miliki tersebut. Berikut adalah daftarnya :

- Klik Kanan pada Start Windows. Pilih Opsi Device Manager
- Pada kolom Device Manager, akan tampil sleuruh perangkat yang terhubung dengan komputer.
- Uninstall Perangkat mouse dan keyboard di menu tersebut
- Kemudian, Restart Komputer
- Jika telah menyala, perangkat akan secara otomatis menginstal mouse atau    keyboard pengguna. Untuk lamanya proses, tergantung dari memori suatu komputer.

0 Response to "3 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Mouse dan Keyboard Tidak Berfungsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel