src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> Cara Membuat Bola Pantul Di Delphi Lengkap Dengan Programnya - teachertekno.com

Cara Membuat Bola Pantul Di Delphi Lengkap Dengan Programnya

Cara Membuat Bola Pantul Di Delphi Lengkap Dengan Programnya - Salah satu game menarik yang dulu populer dimainkan di hp Nokia Kamera, kalau gak salah, nama gamenya "Pou", mirip dengan game Bounce. BTW tentang Bounce, apakah kamu pernah tertarik membuat program sederhana bola pantul?

Apabila tertarik, hari ini engkau pasti mampu membuat program bola pantul sederhana dengan mengitui tutorial di blog Anak Toraja ini. Jadi program hari ini masih bukan bentuk game tapi lebih ke acara sederhana berupa animasi bola pantul di Delphi.

Nah, membuat animasi bola pantul pada Delphi sama saja menggunakan membuat bola pantul di C , Java, atau bahasa pemrograman lainnya. Bedanya hanya pada bahasa coding ad interim struktur & akal sama saja.

Cara Membuat Bola Pantul Di Delphi Lengkap Dengan Programnya

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tutorial membuat bola pantul di Delphi lengkap menggunakan kode programnya.

1. Desain form misalnya tampilan berikut adalah.

Cara Membuat Bola Pantul Di Delphi Lengkap Dengan Programnya
Cara Membuat Bola Pantul Di Delphi Lengkap Dengan Programnya

Rincian komponen yg digunakan adalah sebagai berikut.

  • Timer1
  • Shape1
  • Shape2
  • Shape3
  • Shape4
  • ComboBox1

2. Tambahkan 4 TShape buat bola

Palette > Additional > TShape

Lantaran kita ingin memakai bola pantul, maka gunakan TShape sebagai obyek buat menciptakan bentuk bola. Kamu juga mampu menggunakan gambar bola JPG, akan tetapi pilih TImage. Tapi pada tutorial ini, pakai TShape aja dulu.

Atur Properties Shape > dari stSquare (persegi) menjadi stCircle (lingkaran).

Lantaran aku ingin ada 4 bola yg pantul memantul saat mencapai dinding, maka aku memakai 4 TShape.

  • Shape1 = Warna hijau
  • Shape2 = Warna hitam
  • Shape3 = Warna merah
  • Shape4 = Warna putih
Ubah warna Shape sesuai keinginan agar mudah dibedakan. Untuk mengubah warnah Shape di Delphi, aktifkan Shape > Properties > Klik Brush > Color > Pilih warna

tiga. Tambahkan TTimer buat mengatur pantulan bola

Palette > System > TTimer

Klik 2 kali pada Timer1 > Copy dan paste script berikut.

Shape2.Left:=shape2.Left x1;

shape2.Top:=shape2.Top y1;

shape3.Left:=shape3.Left x2;

shape3.Top:=shape3.Top y2;

shape4.Left:=shape4.Left x3;

shape4.Top:=shape4.Top y3;

shape1.Left:=shape1.Left x;

shape1.Top:=shape1.Top y;

// bola pantul atas bawah

if((shape1.left<=0) or (shape1.left>=0)) then

begin

x:= -x;

end;

if ((shape1.top<=0) or (shape1.top>=217)) then

begin

y:= -y;

end;

// bola pantul asal-asalan

if((shape2.left<=0) or (shape2.left>=376)) then

begin

x1:= -x1;

end;

if ((shape2.top<=0) or (shape2.top>=217)) then

begin

y1:= -y1;

end;

// bola pantul kanan kiri

if((shape3.left<=0) or (shape3.left>=376)) then

begin

x2:= -x2;

end;

if ((shape3.top<=0) or (shape3.top>=0)) then

begin

y2:= -y2;

end;

if((shape4.left<=0) or (shape4.left>=376)) then

begin

x3:= -x3;

end;

if ((shape4.top<=0) or (shape4.top>=0)) then

begin

y3:= -y3;

end;

end;

Penjelasan kode pada atas merupakan menjadi berikut.

Pada intinya, yang diperhatikan dalam membuat acara bola pantul adalah lebar & tinggi Form jika kita meletakkan bola pada Form. Jika kita meletakkan bola di TPanel, maka yg diperhatikan jua merupakan lebar & tinggi TPanel.

Jadi, dalam tutorial ini, yg kita perhatikan adalah lebar dan tinggi Form. Untuk itu, ambil galat satu Shape dan letakkan sempurna pada pojok kanan bawah buat mengukur top dan left Form.

Untuk mengatur kecepatan bola, kamu bisa atur interval timer. Klik Timer > Interval > Dari 1000 ubah jadi 5. Semakin kecil interval bola semakin cepat bola bergerak.

Cara Membuat Bola Pantul Di Delphi
Cara Membuat Bola Pantul Di Delphi

Jadi, yang kita dapatkan Left 376 dan Top 217. Itulah yang kita masukkan pada coding di atas supaya bola dapat memantul ketika mencapai dinding dan tidak menembus dinding.

Bagaimana apabila kita ingin menciptakan bola pantul saat gesekan dengan bola lainnya? Tunggu tutorial berikutnya, akan tetapi sekitar juga sama misalnya ini.

4. Tambahkan TComboBox buat play dan pause bola

Palette > Standard > TComboBox

Klik 2 kali pada ComboBox > copy dan paste script berikut ini.

If ComboBox1.Text='PLAY' then

begin

Timer1.Enabled := true

end

else if ComboBox1.Text='PAUSE' then

begin

Timer1.Enabled := false

end

Sebelumnya, jika kamu belum tahu cara mengisi item pada ComboBox, lihat tutorial sebelumnya mengenai cara membuat ComboBox Delphi.

Jadi, kode di atas merupakan untuk membuat play & pause bola. Sebenarnya yg dipause merupakan Timer1 yg sebagai promotor bergeraknya bola.

Kamu pula sanggup menggunakan tombol (Button), tapi berhubung aku belum punya saat buat cari codingnya misalnya apa (baca belum tahu hha.. Hha...), aku gunakan ComboBox aja.

Lima. Deklarasikan variabel integer yang kita butuhkan. Cari kode berikut adalah di listing:

var

Form2: TForm2;

Kemudian paste code berikut ini sempurna pada atas kode tersebut.

X, x1, x2, x3: integer;

y, y1, y2, y3: integer;

6. Tambahkan FormCreate

Cara menciptakan FormCreate di Delphi adalah menjadi berikut.

- Cari kode berikut ini pada listing:

type

TForm2 = group(TForm)

Timer1: TTimer;

Shape1: TShape;

Shape2: TShape;

...

Kemudian paste code berikut ini sebelum script private:

procedure FormCreate(Sender: TObject);

- Cari kode berikut ini pada listing:

implementation

$R *.Dfm

Copy & paste script berikut ini sempurna pada bawah script di atas.

Procedure TForm2.FormCreate(Sender: TObject);

begin

x:=1;

y:=1;

x1:=1;

y1:=1;

x2:=1;

y2:=1;

x3:=1;

y3:=1;

end;

Coding di atas adalah buat mengatur kecepatan bola. Kode ini mampu digunakan buat membedakan kecepatan gerak bola.

7. Secara holistik, source code bola pantul pada Delphi pada atas merupakan sebagai berikut.

Unit DelphiBounceGame;

interface

uses

Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,

Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.ExtCtrls, Vcl.StdCtrls;

type

TForm2 = group(TForm)

Timer1: TTimer;

Shape1: TShape;

Shape2: TShape;

Shape3: TShape;

Shape4: TShape;

ComboBox1: TComboBox;

procedure FormCreate(Sender: TObject);

procedure Timer1Timer(Sender: TObject);

procedure ComboBox1Change(Sender: TObject);

private

Private declarations

public

Public declarations

end;

var

Form2: TForm2;

X, x1, x2, x3: integer;

y, y1, y2, y3: integer;

implementation

$R *.Dfm

procedure TForm2.ComboBox1Change(Sender: TObject);

begin

If ComboBox1.Text='PLAY' then

begin

Timer1.Enabled := true

end

else if ComboBox1.Text='PAUSE' then

begin

Timer1.Enabled := false

end

end;

Procedure TForm2.FormCreate(Sender: TObject);

begin

x:=1;

y:=1;

x1:=1;

y1:=1;

x2:=1;

y2:=1;

x3:=1;

y3:=1;

end;

procedure TForm2.Timer1Timer(Sender: TObject);

begin

Shape2.Left:=shape2.Left x1;

shape2.Top:=shape2.Top y1;

shape3.Left:=shape3.Left x2;

shape3.Top:=shape3.Top y2;

shape4.Left:=shape4.Left x3;

shape4.Top:=shape4.Top y3;

shape1.Left:=shape1.Left x;

shape1.Top:=shape1.Top y;

// bola pantul atas bawah

if((shape1.left<=0) or (shape1.left>=0)) then

begin

x:= -x;

end;

if ((shape1.top<=0) or (shape1.top>=217)) then

begin

y:= -y;

end;

// bola pantul asal-asalan

if((shape2.left<=0) or (shape2.left>=376)) then

begin

x1:= -x1;

end;

if ((shape2.top<=0) or (shape2.top>=217)) then

begin

y1:= -y1;

end;

// bola pantul kanan kiri

if((shape3.left<=0) or (shape3.left>=376)) then

begin

x2:= -x2;

end;

if ((shape3.top<=0) or (shape3.top>=0)) then

begin

y2:= -y2;

end;

if((shape4.left<=0) or (shape4.left>=376)) then

begin

x3:= -x3;

end;

if ((shape4.top<=0) or (shape4.top>=0)) then

begin

y3:= -y3;

end;

end;

end.

Catatan:

Saya menggunakan TForm2 pada listing karena Form2 yg aku pakai.

Berikut ini tampilan acara bola pantul saat dirunning.

Cara Membuat Bola Pantul Delphi
Cara Membuat Bola Pantul Delphi

Untuk play & pause, gunakan ComboBox.

Itulah sedikit cara menciptakan animasi bola pantul di Delphi. Pantulan bola akan berkecimpung ke segala arah. Jika ditinjau lebih dalam, permainan bola pantul ini konsepnya bisa buat game menangkap obyek yang jatuh.

Untuk menciptakan bola pantul ketika bola tabrakan, tunggu tutorial berikutnya.

Lihat jugaContoh Program Penjualan Barang Delphi

Demikianlah tutorial cara membuat bola pantul Delphi lengkap dengan source code programnya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Membuat Bola Pantul Di Delphi Lengkap Dengan Programnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel