src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> Cara Menggerakkan Gambar Dengan Mouse Delphi - teachertekno.com

Cara Menggerakkan Gambar Dengan Mouse Delphi

Cara Menggerakkan Gambar Dengan Mouse Delphi - Hari ini kita akan belajar membuat game sederhana di Delphi. Namun sebelum masuk ke logika pemrograman, kita pelajari yang paling dasar dulu, yaitu menggerakkan obyek menggunakan keyboard atau mouse. Obyek yang dimaksud di sini adalah kursor yang bisa berupa gambar atau shape.

Berhubung saya belum tahu cara menggerakkan gambar dengan keyboard, jadi kita menggunakan mouse aja. Berikut ini tutorial membuat game Delphi sederhana, cara menggerakkan gambar/shape menggunakan mouse Delphi.

Cara Menggerakkan Gambar Dengan Mouse Delphi

Berikut ini cara menggerakkan gambar/shape dengan mouse pada Delphi.

1. Buat project baru di Delphi

Klik File > New > Windows VCL Application - Delphi

2. Masukkan komponen utama yang diperlukan.

Desain form misalnya berikut adalah.

Cara Menggerakkan Gambar Dengan Mouse Delphi
Cara Menggerakkan Gambar Dengan Mouse Delphi

Komponen yang dibutuhkan adalah menjadi berikut.

- 1 TPanel yg berfungsi sebagai dasar tempat Image.

- 1 TImage yang berfungsi menjadi obyek yg akan digerakkan.

Masukkan TPanel menggunakan cara:

Palette > Standard > TPanel

Masukkan TImage dengan cara:

Palette > Standard > TImage

Pada Properties Image1, setting properti ini dia:

  • Picture > Load > Cari gambar png yang akan digunakan sebagai obyek.
  • Stretch > True
  • Transparent > True
  • Visible > True
Visible berfungsi untuk menampilkan gambar.

Stretch berfungsi buat menampilkan image sesuai menggunakan bidang sebagai akibatnya tampil full sekalipun diperbesar atau diperkecil.

3. Berikut ini source code program.

- Cari kode berikut ini

type

TForm2 = group(TForm)

Panel1: TPanel;

Image1: TImage;

Copy & paste kode ini dia sempurna di bawah kode tadi.

Procedure Panel1MouseMove(Sender: TObject; Shift: TShiftState; X, Y: Integer);

- Cari kode berikut ini

var

Form2: TForm2;

Copy & paste kode ini dia sempurna di bawah kode tadi.

Overlay: Trect;

- Source code primer buat menggerakkan gambar dengan mouse

Cari kode berikut:

implementation

$R *.Dfm

Copy dan paste kode berikut adalah sempurna di pada bawah kode di atas.

// Listing untuk menggerakkan kursor (image1) dalam panel1

procedure TForm2.Panel1MouseMove(Sender: TObject; Shift: TShiftState; X, Y: Integer);

begin

Image1.Left:= X - Image1.Width div dua;

Image1.Top:= Y - Image1.Width div 2;

Panel1.Cursor:=crNone;

end;

Catatan: Saya memakai Form2 makanya yg dideklarasikan juga Form2.

Jadi, Image1 dapat diganti menggunakan Shape atau yg lainnya. Jika dicermati dari kode program di atas, kita jua sanggup modifikasi menggunakan menggerakkan 2 gambar atau lebih sekaligus dalam TPanel.

Lihat jugaContoh Program Delphi Menggunakan Database Access

Demikianlah cara menggerakkan gambar dengan mouse di Delphi. Setelah ini, kita akan lebih mudah menciptakan game desktop sederhana memakai Delphi. Semoga berguna!

0 Response to "Cara Menggerakkan Gambar Dengan Mouse Delphi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel