src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> Cara Burning CD-R Berkali-kali Yang Sudah Terisi File - teachertekno.com

Cara Burning CD-R Berkali-kali Yang Sudah Terisi File

Sejak dahulu burning CD-R atau DVD-R berulang kali merupakan sesuatu yg tidak mungkin. Karena memang tipe R menandakan Read-Only. Tetapi belakangan terakhir, memburning CD-R juga DVD-R secara berulang-ulang bukan lagi hal yg tidak mungkin.

cara memburning cd r yang sudah terisi berulang kali
Cara Burning CD-R Berkali-kali

Sebenarnya jika tidak mau repot sih, beli aja CD-RW atau DVD-RW karena memang disk tersebut berfungsi layaknya flashdisk. Saya sudah beberapa kali melakukan burning tapi banyak mengalami kegagalan. Karena itu, sebelum mencoba trik dan tips burning,  pastikan untuk menyalin file asli agar ketika burning gagal, file asli tetap aman.

Bagaimana cara burning CD-R supaya bisa ditambahkan lagi? Sebelum memulai tutorial, burning berulang kali yg saya maksud hanya berfungsi agar CD-R atau DVD-R dapat dibubuhi arsip lagi dalam ruang yg masih kosong. Untuk memformat, sepertinya tidak mungkin.

Perbedaan CD-R, DVD-R menggunakan CD-RW, DVD-RW

Untuk disparitas CD & DVD hanya ada dalam kapasistas penyimpanan pada mana DVD ruangnya lebih besar . Yang kadang menciptakan bingung adalah tipe R & RW dibelakang nama CD/DVD.

- CD atau DVD tipe R hanya dapat dipakai menjadi media penyimpanan data (Compact Disc Recordable) yang bersifat Read-Only.

- CD atau DVD tipe RW selain dapat digunakan menjadi media penyimpanan data, juga memiliki fasilitas buat ditulis ulang misalnya ditambah dan diedit, termasuk format CD yang telah terdapat isinya (Compact Dis Rewriteable) lantaran bersifat Read-Write.

Cara Burning CD/DVD Menggunakan Software Nero

 Berikut cara burning CD/DVD berulang kali menggunakan pelaksanaan Nero Express.

  1. Buka Software Nero yang sudah diinstal di PC
  2. Masukkan CD/DVD yang akan diburning
  3. Pilih Data kemudian Make Data CD
  4. Import file dengan klik add data dan pilih file yang akan disimpan di CD. Klik Next untuk melanjutkan.
  5. Centang Allow file to be added later (Multisession disc)
  6. tips burning cd-r dan dvd-r berulang kali tanpa gagal
    Cara burning CD-R berulang kali dengan Nero Express Software
  7. Klik Burn dan tunggu hingga proses burning selesai.

Dengan cara pada atas (Allow arsip to be added later), kita bisa membakar CD atau DVD tadi, sinkron menggunakan ruang kosong pada disk.

Keterangan Burning CD Berulang Kali

Berikut kondisi-kondisi supaya dapat memburning CD-R berulang kali.

  • Kita hanya dapat menambah data ke cd yang sudah di-burning jika membakar cd dengan cara seperti di atas. Intinya Allow File to be Added Later.
  • Burning berulang kali hanya berlaku jika CD tersebut digunakan sebagai media penyimpanan data, bukan sebagai media player.
  • CD-R yang sudah terisi dengan media player music dan video, termasuk Bootable tidak akan bisa dibakar ulang. Karena secara otomatis kita sudah tidak bisa memformat CD-R yang sudah ada isinya, seperti CD-R atau DVD-R hadiah dari susu atau pun lainnya.

Berbeda menggunakan CD-RW atau DVD-RW, kita dapat menghapus file pada dalamnya secara pribadi, bahkan tanpa software pun bisa. Inti dari tutorial burning CD-R berulang kali ini adalah membuat CD tipe R layaknya CD tipe RW.

Perlu diketahui bahwa CD menurut pabrik, baik original maupun bajakan yg telah nir sanggup ditulisi lagi. Bahkan buat memformat CD tersebut pula nir sanggup.

Lihat jugaCara Burning CD-R Berkali-kali

Demikianlah cara burning CD-R dan DVD-R berkali-kali. Penting, sering melakukan burning pada CD yg sama bisa mensugesti kualitas CD tersebut, bahkan lebih parahnya, CD mampu sampai rusak dan nir sanggup dipakai lagi.

0 Response to "Cara Burning CD-R Berkali-kali Yang Sudah Terisi File"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel